Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Image result for Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Seberapa mahal harga sepatu dan seberapa bagus kwalitas sepatu yang Kamu beli akan sama saja jika Kamu tidak dapat merawatnya dengan benar. Sudah pasti perawatan sepatu akan tidak sama bergantung dari type bahan dalam pembuatan sepatu itu. Karenanya Luvizhea. com akan mengulas cara menjaga sepatu safety sesuai sama macamnya, namun akan kita dari mulai sepatu dari type Suede Leather.

Apakah itu Suede Leather? Mungkin nama ini tidak asing untuk Kamu penggemar fashion, Suede sesungguhnya yaitu bagian dari leather atau kulit tersebut yang dibuat dengan sistem yang tidak sama. Sekilas terlihat seperti bagian dalam kulit, hingga orang menyebutkan Suede ini sebagai “kulit balik”.

Awal mulanya, Suede ini dipakai untuk bahan pembuatan sarung tangan wanita, sesuai arti kata dari bhs Perancis “Gants de Su├Ęde” yang artinya “sarung tangan Swedia”. Dan ada pula yang mengatakan kalau sepatu Suede mulai di kenal oleh semua susunan orang-orang setelah raja Rock and Roll – Elvis Presley menyanyikan syair lagunya yang berbunyi, “Kamu dapat melakukan apa sajakah, namun janganlah kerjakan apa pun pada sepatu Suede biru milikku. ”

Suede ini dapat lebih mahal dibanding dengan harga kulit umum karena prosesnya yang termasuk rumit, karenanya sepatu berbahan Suede juga di jual dengan harga lebih tinggi dari sepatu kulit umum. Namun masih tetap beberapa orang tertarik memiliki sepatu berbahan Suede karena memberi tampilan yang lembut, feminin dan sekaligus menawan. Kelebihan yang lain dari sepatu berbahan Suede ini yaitu sepatu lebih tahan pada panas matahari segera dibanding sepatu kulit umum hingga sehingga sangat nyaman ketika digunakan disiang hari.

Kekurangannya, seperti yang sudah Luvizhea. com katakan di atas yakni harga nya relatif lebih mahal di banding sepatu kulit umum. Dan diluar itu karena karakteristik Suede yang lembut, berserabut dan berpori membuatnya sangat rawan pada kotoran, hingga memerlukan perlakuan khusus dalam melakukan perawatan sepatu safety online Kamu yang memiliki bahan Suede ini.

Karena harga yang mahal berikut, saat ini banyak juga di tawarkan sepatu Suede imitasi yang bahan dasarnya terbuat dari kain bludru dan bahan sintetis microfiber. Keduanya memiliki tampilan yang hampir sama juga dengan Suede asli dengan harga yang lebih murah. Bahkan juga Suede imitasi dari microfiber tuturnya lebih tahan pada berbagai kotoran dan lebih mudah dibersihkan.

Baiklah, saat ini kita kembali pada kajian awal mulanya, yakni bagaimana caranya menjaga sepatu Suede ini dengan benar. Seperti yang kita kenali kalau sepatu Suede ini sangat rawan pada kotoran dan memerlukan perawatan khusus hingga sepatu Suede ini akan tahan lama, awet dan selalu terlihat seperti baru.

Bagaimana bersihkan noda kotor pada sepatu Suede? 

Memang memiliki sepatu Suede kita dituntut tidak untuk malas dalam bersihkan sepatu yang memiliki bahan suede ini. Jika ada sedikit noda segera saja dibersihkan karena jika tidak dibersihkan dengan selekasnya noda itu akan makin mengeras dan pasti semakin lebih susah untuk dibersihkan.

Bahan suede memiliki partikel yang halus dan terbaik dibersihkan dengan sikat atau lap khusus yang dapat dibeli di supermarket atau toko sepatu berbarengan dengan seperangkat pembersih khusus bahan Suede. Yang perlu di perhatikan, Suede ini sangat peka pada air, jadi noda kotor dan noda gores terbaik diakukan ketika sepatu dalam kondisi kering. Dalam menyikat noda kotor, baiknya janganlah kerjakan gerakan bolak-balik, sikatlah searah berkali-kali.

Jika noda tidak dapat di hilangkan lewat cara umum, tambahkan cuka seperlunya dan gosok dengan lap atau handuk lembut. Biarlah jadi kering, lalu sikat dengan sikat suede. Langkah tersebut bagus juga untuk singkirkan noda salju ketika Kamu tengah liburan ke Eropa dengan memakai sepatu safety jakarta Suede.

Berikut kami berikan cara-cara penangan noda yang lain yang umum dihadapi yang memiliki sepatu Suede :

1. Cara menyingkirkan noda minyak pada sepatu Suede 

Saat sepatu Suede yang paling disayangi Kamu terserang noda minyak, selain noda susah di hilangkan pasti bikin sepatu itu akan tidak terlihat menarik lagi. Cara menghilangkannya Kamu dapat memakai tepung jagung (maizena) untuk menyingkirkan noda minyak saat minyak itu masihlah basah. Taburkan tepung jagung pada noda dan diamkan semalaman. Esok harinya, sikat tepung jagung dan uapkan dengan setrika.

2. Cara menyingkirkan noda lumpur pada sepatu Suede

Saat musim hujan, sepatu Suede rawan terserang lumpur. Sebelumnya Kamu membersihkannya baiknya Kamu biarlah noda lumpur jadi kering terlebih dulu. Setelah lumpur mongering dan mengeras cungkil bongkahan lumpur yang semakin besar memakai jari. Lalu pakai sikat suede untuk bersihkan kotoran yang tersisa.

3. Cara menyingkirkan permen karet pada sepatu Suede 

Jika sepatu Suede Kamu terserang permen karet, langkah pertama yang perlu Kamu kerjakan yaitu memasukkan sepatu kedalam freezer (lemari es) selama beberapa jam. Karena dingin, permen karet akan jadi keras hingga Kamu dapat melepaskannya dengan mudah. Kemudian, sikat dengan sikat khusus Suede. Langkah tersebut berlaku juga jika sepatu Suede Kamu terserang lilin.

4. Cara menyingkirkan noda darah pada sepatu Suede 

Kamu dapat menyingkirkan noda darah dengan bola kapas dan peroksida. Gosokkan bola kapas yang sudah dicelup dengan peroksida (senyawa yang di jual sebagai disinfektan atau pemutih) pada noda dengan lembut sampai noda darah itu betul-betul lenyap.

5. Cara menyingkirkan noda tinta pada sepatu Suede 

Jika sepatu Suede Kamu terserang noda tinta, selekasnya ambillah handuk dan serap noda itu dengan cepat sebelumnya noda tinta itu betul-betul melekat. Jika terlanjur melekat, gosok noda itu dengan kertas ampelas. Atau Kamu dapat juga bikin bola kapas lalu dicelup ke alkohol dan digosok-gosokkan pada noda tinta itu.

Bagaimana menyingkirkan noda gores pada sepatu Suede?

Ketika sepatu Suede tergores, maka partikelnya akan tertekan dalam satu arah. Angkat kembali partikel itu dengan menggosok-gosok bagian yang tergores sedikit keras dengan cara bolak-balik. Untuk goresan yang warnanya sirna dan sulit disikat, coba mencungkil bagian itu memakai pisau untuk mengangkat bulu-bulu halusnya, namun tetaplah harus hati-hati jangan pernah merusaknya.

Goresan dan noda yg tidak dapat disikat kerapkali dapat di hilangkan lewat cara digosok memakai penghapus pensil, atau Kamu dapat juga beli penghapus khusus suede yang didesain untuk bersihkan noda seperti ini.

Bagaimana menghilangkan noda air pada sepatu Suede? 

Menghilangkan bercak noda pada sepatu berbahan Suede memang susah-susah gampang, tidak dapat hanya dengan cara bersihkan bagian bercak itu saja, terlebih jika sepatu itu terserang air. Air mungkin saja meninggalkan noda sendiri atau mengubah warna yg tidak rata pada sepatu Suede jika yang terkana air cuma beberapa. Karenanya pakai spons atau tisu atau lap kering untuk menyerap air yang berlebihan pada sepatu. Gosok sepatu dengan cara rata hingga noda air tidak terlihat.

Jika Kamu memakai banyak air untuk bersihkan noda pada sepatu Suede, masukan Shoe tree atau kertas kering kedalam sepatu untuk menyerap air yang berlebihan dibagian dalam sepatu dan ini akan menolong melindungi bentuk sepatu. Namun perlu di ingat, janganlah pakai kertas koran karena tinta tulisan pada koran akan terserap kedalam sepatu.

Lalu tempatkan sepatu di ruangan yang kering dan berventilasi baik dan biarlah airnya menguap dan jadi kering semalaman. Jika telah kering, sikat sepatu pelan-pelan memakai sikat suede. Hal semacam ini akan menolong kembalikan partikel suede ke posisi awal mulanya.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan agar sepatu Suede dapat awet 

Selain melakukan pembersihan dengan benar, bergantung dari type nodanya tadi, Kamu dapat juga melakukan beberapa hal berikut membuat perlindungan sepatu Suede yang Kamu punyai :

  • Ketika sepatu itu telah bersih atau ketika masihlah baru, semprotkan obat pelindung Suede pada sepatu. Hal semacam ini akan menolong menghindar dan mengecilkan terjadinya noda dan goresan. Ikuti panduan pada paket obat itu dalam memakainya, dan baiknya dilakukan pada ruangan terbuka atau berventilasi.
  • Janganlah memakai detergen maupun dry clean yang memiliki kandungan bahan kimia dalam bersihkan sepatu Suede, karena dapat mengakibatkan kerusakan pemukaan dari sepatu tersebut.
  • Jika Kamu tidak mau memakai sepatu Suede kurun waktu yang lama, bungkuslah dengan kertas tisu dan masukan kedalam kotak sepatu. Jauhkan dari kelembaban dan cahaya, karena bahan Suede dapat berjamur pada keadaan lembap sedang cahaya terang dapat memudarkan warnanya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar